Apa itu NLP dan Bagaimana Cara Kerjanya?




Rekomendasikan Artikel Artikel Komentar Cetak Artikel Bagikan artikel ini di Facebook Bagikan artikel ini di Twitter Bagikan artikel ini di Google+ Bagikan artikel ini di Linkedin Bagikan artikel ini di StumbleUpon Bagikan artikel ini di Delicious Bagikan artikel ini di Digg Bagikan artikel ini di Redgit Bagikan artikel ini di Reddit Bagikan artikel ini di Pinterest
NLP diciptakan untuk pertama kalinya pada tahun 1970. John Grinder dan Richard Bandler adalah penciptanya. Mereka mengklaim bahwa NLP memiliki teori, prinsip, praktik, metode dan teknik dari tiga bidang yang berbeda, yaitu, linguistik, ilmu komputer dan neurologi.

NLP sering didefinisikan sebagai 'keunggulan model'. Beberapa juga mendefinisikannya sebagai seni dan ilmu komunikasi yang berguna dan produktif. Yang lain menyebutnya 'studi tentang struktur pengalaman subyektif.'

Namun NLP tidak pernah menikmati banyak dukungan dari fakultas psikologi. Psikolog skeptis telah lama menghapus NLP sebagai pendekatan pseudo-ilmiah untuk psikoterapi. Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa para profesional yang berurusan dengan tingkat kesehatan mental NLP sebagai metode psikoterapi dari kemampuan dan keaslian yang disengketakan.

Neuro-Linguistic Psychotherapy adalah aplikasi yang muncul sebagai cabang dari NLP. UKCP atau United Kingdom Council for Psychotherapy mengenali aplikasi ini.

Sejarah NLP

Richard Bandler, seorang mahasiswa Universitas Santa Cruz, California, telah ditunjuk oleh psikiater Robert Spitzer untuk mengajar drum kepada putra Spitzer. Segera ia terlibat dalam proyek yang berbeda untuk Spitzer dan mencatat sesi terapi terapis Fritz Perls. Selama proses ini, tampak bagi Bandler bahwa ia dapat mengidentifikasi struktur kalimat dan kata tertentu yang membantu dalam penerimaan saran dan saran positif yang ditawarkan oleh Perls. Dengan wahyu ini, Bandler pergi ke ahli bahasa dan guru John Grinder. Kemudian duo Bandler-Grinder menciptakan model bernama 'Meta Model'. Mereka mengklaim ini sebagai model (a) struktur kata yang kuat dan persuasif dan (b) cara kerja mereka. Mereka kemudian memodelkan sesi terapis Virginia Satir.

Bandler dan Grinder menerbitkan sebuah buku berjudul 'The Structure of Magic' pada tahun 1975. Buku ini berisi uraian rinci tentang pekerjaan mereka dan juga menyatakan bahwa sebenarnya mungkin untuk memecah dan menyandikan prosedur terapi terapis Fritz Perls dan Virginia Satir . Mereka mengatakan bahwa meskipun suatu terapi tampak ajaib dan luar biasa, itu selalu mengikuti struktur yang dapat diidentifikasi, yang dapat dipelajari oleh siapa saja.

Segera mereka diperkenalkan ke Milton Erickson, seorang psikiater dari Amerika. Erickson adalah anggota pendiri American Society for Clinical Hypnosis. Dia memiliki salah satu pendekatan yang paling tidak konvensional dan kontroversial untuk terapi psikologis. Dia bisa membuat frase favorit, masa lalu, keyakinan, cita-cita, latar belakang keluarga dan budaya dan bahkan kebiasaan neurotik seorang pasien, alat-alatnya untuk membantu pasien berubah. Dia memperlakukan pikiran bawah sadar sebagai media yang produktif, kontributif, kreatif, dan positif (dalam banyak hal yang sama Derren Brown menggunakan alam bawah sadar dari rakyatnya untuk membuatnya tampak bahwa ia mengendalikan pikiran mereka). Segera Bandler dan Grinder memiliki Erickson sebagai model ketiga untuk NLP.

Pendiri-duo mengklaim bahwa NLP adalah fakultas komunikasi di samping teknik terapi dan segera memulai pemasarannya sebagai instrumen bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Neuro-Linguistic Programming (NLP) - Ubah Dunia Anda! Swadaya Untuk Fibromyalgia

Bagaimana Anda Harus Selalu Mulai Belajar NLP

Dapatkan Gadis Impian Anda - Rahasia NLP